Apa Itu HNP?

HNP, kepanjangan dari ‘Hernia Nucleus Pulposus’, yaitu tergesernya cakram tulang rawan penyekat antar badan ruas tulang belakang sehingga ‘nucleus pulposus’ sentral cakram tulang rawan tergeser keluar dari biasanya ke arah kiri atau kanan dan akan langsung menekan jaras saraf paravertebral.

HNP (hernia nucleus pulposus) atau yang dikenal dengan saraf terjepit dapat mengenai siapa saja. Saraf terjepit biasanya terdapat dimana saja pada tubuh kita, namun pada umumnya terjadi pada sepanjang ruas tulang belakang terutama pada leher dan di daerah punggung dan pinggang. HNP biasa terjadi akibat insiden, seperti terjatuh, kecelakaan, mengangkat barang berat, salah gerak ,dsb. Rasa sakit yang ditimbulkan akibat HNP sangat beragam sesuai daerah terjadinya saraf itu terjepit.

Namun secara umum, rasa sakit yang dirasakan pasien seperti sakit waktu bergeser badan saat tidur, kebas (ba’al) daerah kaki atau kesemutan, sakit yang amat sangat pada daerah tertentu, bahkan bisa mengalami kelumpuhan,dsb.

Apabila anda telah datang ke rumah sakit kemudian anda disarankan untuk melakukan MRI (Foto Saraf), lalu ternyata hasilnya ditemukan bahwa telah terjadi HNP maka seorang dokter ahli saraf menyarankan untuk melakukan tindakan operasi dan ini adalah tindakan penyembuhan dokter. Namun tindakan operasi ini bukanlah tindakan yang murah dan tidak berisiko. Apabila gagal dalam operasi maka kondisi pasien akan bertambah buruk. Biasanya, persentase tingkat keberhasilan penyembuhan HNP melalui operasi hanya 50%.

Selain tindakan operasi, biasanya seorang dokter ahli saraf menyarankan untuk melakukan fisioterapi. Tetapi tindakan ini bukanlah suatu tindakan penyembuhan melainkan hanya untuk sekedar mengurangi rasa sakitnya saja. Biasanya pasien penderita HNP kebanyakan menghindari tindakan operasi, kemudian pasien akan mencari pengobatan alternatif guna kesembuhannya.

Comments are closed.